Kamis, 16 Juni 2011

Potensi Nasyid Medan

Nasheed Medan Berpotensi Go Internasional

Seiring perkembangan zaman, dunia hiburan telah merambah ke semua kalangan dengan berbagai macam jenis music dan aliran bahkan beragam tema. Begitu pula halnya dengan perkembangan music religi yang lebih spesifik dikenal dengan sebutan “nasyid” atau “nasheed”.
Sejauh ini perkembangan musik nasheed di tanah air masih di dominasi dengan kelompok nasheed dari Jakarta atau pulau Jawa pada umumnya. Padahal di luar itu nuansa nasheed sebenarnya telah menjamur ke berbagai daerah di tanah air. Termasuk Medan, Padang, Pekan Baru dan banyak lagi di kota-kota kecil di pulau Sumatera. Pulau Sumatera memiliki  potensi yang amat besar terhadap nasheed tersebut, ini terbukti dengan bermunculannya tim-tim yang sampai menerbitkan album.
Sampai saat ini tercatat  puluhan tim nasheed yang telah menerbitkan album dari Pulau Sumatera. Di medan saja tercatat  kurang lebih sepuluh tim nasheed sudah pernah menerbitkan album. Sebut saja Maidany, Esensi, Cermin, Zahyd, Saufa dan lain sebagainya.
Dalam pandangan penulis hal ini sebenarnya dapat memberikan pengaruh luar biasa bagi remaja muda saat ini. Terutama bagi kreatifitas mereka yang mungkin lebih terarah karna berlandaskan agama. Lagu yang mereka ciptakan umumnya adalah bercerita tentang bagaimana hubungan manusia terhadap Tuhannya dan hubungan manusia terhadap manusia agar tetap berada dalam syariat-Nya.
Mungkinkah nasheed medan go internasional??? Jawabanya mungkin saja. Sebut saja Maher Zeyn yang sukses dengan lagu “Insyaallah”-nya, Raihan dengan “Senyum”-nya, Hijaz dan masih banyak lagi. Jika mereka bisa, mengapa nasyid medan tidak bisa?  Tekatkan dalam hati kita wahai munsyid medan bahwa dia bisa…..mereka bisa…. Maka kita pun pasti bisa………..Siaaaaaaaapppppp!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar